Monday, September 10, 2018

MENU DIET PRAKTIS, MUDAH DAN ENAK YANG BISA DI BUAT SENDIRI!!!


menu diet praktis 

Salah satu faktor yang mendasar menyebabkan kegemukan adalah moderenisasi yang membuat kurangnya aktivitas fisik. Kemajuan teknologi tidak hanya mempermudah bagi manusia untuk melakukan berbagai hal tetapi bisa juga meningkatkan satu masalah yang sampai saat ini belum bisa di atasi Negara-negara manapun di dunia yaitu kegemukan. Pencegahan epidemic kegemukan merupakan salah satu tentangan besar gizi dan kesehatan masyarakat baik di Negara maju maupun di Negara berkembang. Pravelensi kegemukan cenderung meningkat seiring dengan peningkatan usia, dan mencapai puncaknya pada usia dewasa. Menurut balitbangkes 2010, perempuan memiliki prevalansi kegemukan lebih tinggi (26,9%) di bandingkan laki-laki (16,3%).

Kegemukan dapat menyebabkan resiko penyakit tidak menular seperti diabetes sebanyak 4,5 kali, hipertensi 2,5 kali, dan penyakit jantung koroner sebesar 32% (Mendez et al.2004; Bogers et al). Sebuah penelitian di presentasikan di kongres tentang obesitas di Wina, Austria pada 23-26 Mei 2018 mengatakan, seperempat penduduk bumi akan bermasalah dengan berat badan pada tahun 2045. Angka ini naik dari hanya 14 persen pada 2017. Sementara, satu dari delapan penduduk dunia akan memiliki diabetes tipe 2.

Menurunkan berat badan sesuatu yang sangat sulit di lakukan setiap orang, butuh usaha dan kerja keras untuk bisa meluluhkan lemak walau hanya 1 kg. butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun untuk bisa mendapatkan berat badan ideal yang kita harapkan. Itu juga tergantung dari usaha dan prinsip diet yang kita jalankan. Ada juga sebagian oang dapat menurunkan berat badannya dengan cepat melalui diet ketat. Diet ketat boleh-boleh saja di lakukan, tapi diet ketat tidak berarti tidak mengharuskan kita mengkonsumsi makanan sedikitpun, diet ketat yang baik itu kita tetap mengkonsumsi makanan, tetapi makanan yang mengandung banyak serat dan mineral, yang harus kita jauhi disini yaitu makanan-makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Seperti junk food, kulit daging ayam, minuman bersoda, nasi putih. Dalam proses diet tubuh kita juga memerlukan energy untuk menjalankan fungsi jantung, otak, ginjal, dan organ-organ lain, saat anda tidak bergerak sama sekali.

Normalnya berat badan yang akan turun saat kita melakukan diet yaitu 1kg dalm seminggu. secara umum, asupan rata-rata kalori harian bagi pria dewasa adalah 2.500 kalori, sedangkan perempuan dewasa sekitar 2.000 kalori. Namun, jumlah tersebut sebenarnya dipengaruhi juga oleh kegiatan yang dilakukan sehari-hari. Jika kegiatan yang dilakukan membutuhkan aktivitas fisik yang lebih berat, maka kebutuhan akan asupan kalori harian tentu meningkat. Sedangkan untuk kebutuhan kalori per hari bagi anak-anak berkisar antara 1.000 sampai 2.000 kalori. Bagi usia remaja bisa berkisar antara 1.400 sampai 3.200 kalori per hari. Sama seperti orang dewasa, umumnya, anak laki-laki memiliki kebutuhan kalori lebih tinggi daripada anak perempuan.

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, yang harus anda lakukan yaitu mengurangi asupan kalori anda per hari. Pada perempuan anda harus mengurangi 500-750 kalori per hari, jadi kalori yang anda konsumsi perhari yaitu 1250-1500 kalori oper hari. Sedangkan pada laki-laki asupan kalori per hari yang dapat menurunkan berat badan yaitu 1500-1800. Salah satu yang harus di perhatikan juga yaitu memilih asupan makanan yang dapat membakar banyak kalori. Untuk mengetahui apa saja makanan-makanan yang dapat membakar kalori dengan cepat silahkan simak ulasannya.

1.             Telur

Telur adalah sumber makanan sehat mengandung protein dan nutrisi tinggi sangat yang diperlukan oleh tubuh. Telur mengandung sumber vitamin, mineral, protein berkualitas tinggi, lemak baik dan berbagai nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Satu butir telur besar mengandung vitamin B12, vitamin B2, vitamin A, vitamin B5 dan selenium. Telur juga mengandung sejumlah kecil hampir setiap vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Termasuk kalsium, zat besi, kalium, zink, mangan, vitamin E, folat dan masih banyak lagi. Satu butir telur mengandung 77 kalori, 6 gram protein berkualitas, 5 gram lemak dan sejumlah karbohidrat. Sebagian besar nutrisi tersebut terkandung dalam kuning telur, sementara bagian putihnya hanya mengandung sebagian saja.

2.             Bawang Bombay

Bawang Bombay memiliki beberapa komponen aktif seperti asam amino, asam glutamate, lisin, glisin, Mineral terutama kalium, fosfor, kalsium, mangan dan masih banyak lagi komponen yang terkandung dalam bawang Bombay. Gizi baik akan di peroleh apabila diet mengandung energy dan nutrient-nutrien yang seimbang dengan kebutuhan. Protein dan lipid merupakan nutrien yang harus ada dalam diet karena energy yang di peroleh dari bahan-bahan tersebut. Disamping itu nutrient tersebut juga harus mengandung vitamin, mineral dan serat agar di peroleh pertumbuhan maksimal dan sehat. Itulah bawang Bombay harus ada di menu diet anda.

3.             Bayam

Bayam merupakan sayuran yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya dalam kesehatan. Bayam merupakan salah satu makanan yang rendah kalori, hanya 23 dari 100 gram. Sayur bayam juga sangat tinggi serat dan rendah gula, dimana hal ini sangat bagus bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan bert badan. Bayam merupakan makanan yang yang sumber vitamin tinggi, sebut saja vitamin A (105%), vitamin C (25%), vitamin K (98%), asam folat (66%), zat besi (36%) dan kalsium (24%). Bayam juga termasuk dalam sepuluh makanan bernutrisi baik yang wajib dikonsumsi bagi anda yang sedang diet.


4.             Jagung

Jagung kaya akan komponen pangan fungsional, termasuk serat pangan yang dibutuhkan tubuh, asam lemak esensial, isoflavon, mineral (Ca, Mg, K, Na, P, Ca dan Fe), antosianin, betakaroten (provitamin A), komposisi asam amino esensial, dan lainnya. Jagung mengandung serat pangan yang di butuhkan tubuh dengan indeks glikemik (IG) realtif rendah disbanding beras dari padi (Nasi) sebagai makanan pokok kita orang Indonesia, sehingga beras jagung menjadi bahan anjuran bagi seseorang yang ingin melakukan program penurunan brat badan. Kisaran IG beras padi adalah 50-120 dan beras jagung 50-90. Jagung merupakan makanan yang sehat juga bagi penderita diabetesdan kelainan jantung.

5.             Wortel

Wortel merupakan sumber vitamin A unggulan yang dapat menjadi solusi berbagai permasalahan mata. Selain vitamin A, wortel juga mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Dalam 100 gram, nutrisi yang terkandung di dalam wortel segar cukup lengkap. Beberapa nutrisi unggulan tersebut diantaranya 80 kalori, vitamin A, vitamin C 3 miligram, vitamin E 0,3 miligram, vitamin B1 0,01 miligram, serta vitamin B2 0,02 miligram. Kandungan nutrisi ini tentu berbeda bergantung pada tingkat kesegaran wortel, varietas, dan sebagainya. Namun secara umum kandungan nutrisi wortel hampir sama. Jadi sayuran yang berwarna orange ini sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya untuk kesehatan. Kandungan serat yang tinggi dalam wortel inilah yang paling berperan mengapa wortel bisa menjadi salah satu solusi untuk diet sehat. Serat akan membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga anda dapat mengendalikan diri untuk tidak mengkonsumsi berbagai makanan lemak tinggi.
Manfaat lain dari serat untuk tubuh adalah memperlancar pencernaan. Pencernaan yang lancar akan membantu BAB dapat dilakukan setiap hari. Hal ini tentu akan membuat perut anda terasa lebih longgar. Zat-zat racun yang tidak bermanfaat di dalam tubuh juga dapat keluar bersama feses.

MENU DIET MUDAH YANG BISA ANDA BUAT DI RUMAH

Hari ke-1

Pagi




Sore







Malam
Menu Diet

Air rebusan jahe merah
Sandwich dengan isi bawang Bombay, telur, daun bawang dan bayam.

Wortel rebus atau jus wortel (tidak di anjurkan untuk makan berat, karena kebanyakan aktivitas mulai berkurang. Lebih di anjurkan sarapan karena tubuh memerlukan banyak energy untuk melakukan aktivitas).

Buah-buahan segar seperti apel, anggur, papaya, ketimun.
Hari Ke-2

Pagi




Sore


Malam


Air rebusan jahe merah
Telur rebus 2 butir
Bayam rebus
1 buah apel

Sup bayam dan bawang Bombay tanpa penyedap rasa.

Konsumsi buah kecuali pisang
Hari ke-3

Pagi , sore, malam


Menu sama dengan hari Ke 1
Hari ke-4

Pagi, sore, malam


Menu sama dengan hari ke-2
Hari ke-5

Pagi, sore, malam


Menu sama dengan hari ke-1
Hari ke-6

Pagi, sore, malam


Menu sama dengan hari ke-2
Hari ke-7

Pagi, sore, malam


Menu sama dengan hari ke-1


Ikutilah cara di atas dengan baik dan benar, dan lihat dalam seminggu bobot anda akan berkurang 1 kg (normalnya) semua tergantung dari usaha yang anda lakukan. Jika anda ingin mnambahkan jenis makanan boleh-boleh saja asalkan makanan yang anda tambahkan termasuk dalam kategori makanan untuk membakar kalori bukan sebaliknya. Kesuksesan penurunan berat badan tergantung dari usaha yang anda miliki, jika anda bertekad untuk kurus, saya yakin cara apapun semuanya akan berhasil.

No comments:

Post a Comment